Selasa, 12 Januari 2016
BUKU BAHASA INDONESIA XII PENERBIT SEWU(KTSP) PENERBIT CERDAS by me
KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII
Uji Pemahaman 1
A. Pilihan Ganda
1. B
2. E
3. C
4. D
5. D
6. C
7. C
8. C
9. B
10. D
11. C
12. E
13. D
14. A
15. E
16. B
17. B
18. C
19. C
20. A
21. A
22. A
23. B
24. A
25. A
26. D
27. A
28. D
29. A
30. D
B. Melengkapi
1. Pendapat harus disampaikan secara santun dan disertai dengan alasan yang logis.
2. Saya kurang sependapat dengan Saudara … yang menyatakan ....
Saya kira pendapat yang dikemukakan … adalah keliru sebab ….
Sependapat dengan Ibu … bahwa memang ….
3. Ciri ide pokok antara lain sebagai berikut.
a. Berupa pikiran utama atau gagasan utama.
b. Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.
c. Letak ide pokok di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), awal dan akhir paragraf
(deduktif-induktif), dan menyebar di seluruh kalimat (paragraf narasi dan deskripsi).
d. Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik.
e. Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat dan kalimat tersebut disebut juga kalimat utama.
f. Biasanya kalimat utama dapat diidentifikasi dengan mudah
4. Sudut pandang orang pertama.
5. Watak tokoh Ratna adalah mengeluh dengan peristiwa yang terjadi dalam hidupnya.
C. Uraian
1. Fakta adalah hal, keadaan, atau peristiwa yang benar-benar ada atau benar-benar terjadi.
Contohnya sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, Jokowi-Ahok berhasil memenangi
Pemilukada Jakarta putaran 1 tahun 2012.
2. Fakta dalam cuplikan wacana di atas adalah sebagai berikut.
a. Sekitar 3 mil dari bibir pantai terdapat pulau karang yang berfungsi sebagai penahan ombak
Lautan Atlantik.
b. Peselancar bebas bercengkerama bersama ombak karena sekitar Maret-April, angin
berembus bersahabat sepanjang hari.
3. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Keindahan ombak laut Essaquira memang sangat
menakjubkan bagi turis mancanegara yang ingin menikmati suasana alam pantai.”
4. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya:
a. Memberi kemungkinan perluasaan informasi, bahkan penambahan informasi baru bagi
pesertanya.
b. Melatih siswa untuk berpikir mandiri dan sekaligus meningkatkan taraf kepercayaan dirinya
5. Resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Adapun struktur
penyajian kumpulan cerpen adalah sebagai berikut.
a. Judul resensi
b. Identitas buku
c. Sinopsis atau hal-hal yang menarik tentang isi kumpulan cerpen tersebut.
d. Kepengarangan, terutama latar belakang kehidupan dan karya yang telah dibuat.
e. Kelebihan dan kekurangan isi buku, baik itu berkenaan dengan tema, alur, penokohan,
kebahasaanm ataupun unsur cerpen lainnya.
Uji Pemahaman 2
A. Pilihan Ganda
1. C
2. A
3. C
4. E
5. A
6. E
7. E
8. A
9. D
10. D
11. C
12. D
13. B
14. D
15. E
16. A
17. D
18. B
19. C
20. E
21. B
22. E
23. E
24. C
25. C
26. B
27. C
28. A
29. A
30. E
B. Melengkapi
1. Santun dan disertai alasan yang logis.
2. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Masyarakat seharusnya berperan aktif dalam
kegiatan ronda yang dilakukan tiap malam di lingkungannya. Jika masyarakat selalu aktif dalam
kegiatan tersebut, pencurian dan perampokan bisa diminimalisasi kejadiannya di kompleks
perumahan ini.”
3. Bagian-bagian isi biografi meliputi hal berikut.
a. Latar belakang keluarga
b. Pengalaman masa kecil
c. Kehidupan masa remaja
d. Perjalanan karier
e. Kebiasaan-kebiasaan hidup
f. Kisah-kisah sedih dan membahagiakan
g. Pengabdian dan jasa-jasa
4. Unsur utama surat lamaran pekerjaan meliputi hal berikut.
a. Sumber informasi lamaran, berupa surat kabar, selebaran, ataupun informasi langsung.
b. Identitas pelamar, meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat.
c. Kualifikasi pelamar, meliputi pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja.
d. Keterangan lain, seperti daftar riwayat hidup, pasfoto, salinan ijazah, sertifikat, surat
kelakuan baik, dan surat keterangan sehat dari dokter.
e. Pekerjaan yang diinginkan.
5. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari karyawan perusahaan Bapak, bahwa kantor Bapak
sedang membutuhkan karyawan baru.
C. Uraian
1. Berdasarkan cuplikan tersebut, Eddy D. Iskandar adalah penulis novel ber-setting SMA yang
menjadi inspirasi para penulis lain dan pembuat film dan sinetron.
2. Sesuai dengan kreativitas siswa.
3. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Menurut pendapat saya, sebaiknya biaya kunjungan
karyawisata pada liburan semester nanti sebagiannya ditanggung oleh sekolah. Hal ini pasti
dapat mengurangi beban orangtua siswa dalam menanggung biaya karyawisata tersebut.”
4. Sesuai dengan kreativitas siswa.
5. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs www.lpi-dd.net, bahwa Lembaga yang
Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan untuk posisi Pendamping Sekolah, saya yang
bertanda tangan di bawah ini:
nama : Syifa Aulia Zakiyah
tempat, tanggal lahir : 30 Desember 1995
alamat : Jl. Sukamulya No. 152 Bandung
pendidikan terakhir : S-1, Pendidikan Psikologi UPI Bandung
IPK : 3,56
mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.
Ujian Tengah Semester
1. A
2. A
3. E
4. A
5. C
6. E
7. E
8. C
9. D
10. D
11. A
12. E
13. A
14. D
15. A
16. A
17. A
18. E
19. E
20. D
21. E
22. C
23. B
24. C
25. C
26. E
27. C
28. E
29. B
30. B
31. A
32. C
33. A
34. B
35. A
36. C
37. C
38. A
39. A
40. B
41. D
42. A
43. E
44. E
45. A
46. E
47. A
48. D
49. B
50. C
Uji Pemahaman 3
A. Pilihan Ganda
1. E
2. C
3. E
4. E
5. C
6. E
7. C
8. D
9. B
10. B
11. C
12. E
13. B
14. C
15. B
16. D
17. B
18. E
19. C
20. E
21. B
22. B
23. B
24. C
25. C
26. A
27. A
28. C
29. E
30. A
B. Melengkapi
1. Langkah-langkah sebelum melakukan pidato.
a. Merumuskan ide-ide pokok yang akan dipidatokan.
b. Mengumpulkan bahan seperti koran, contoh naskah pidato, istilah populer, cerita, humor
yang relevan.
c. Melakukan pemilahan materi (materi pokok dan penunjang)
d. Memahami dan menghayati materi.
e. Melakukan latihan pidato.
2. Aspek yang harus diperhatikan dalam pidato adalah penampilan, isi pidato, vocal, mimic wajah,
nada, dan sikap tubuh pembicara.
3. Hal yang harus dikemukakan dalam laporan diskusi.
a. Latar belakang pentingnya pelaksanaan diskusi.
b. Tujuan pelaksanaan diskusi.
c. Permasalahan yang didiskusikan.
d. Proses jalannya diskusi, yang memuat penyajian pokok materi, proses tanya-jawab dan
pendapat penting yang dikemukakan peserta.
e. Ringkasan dan kesimpulan.
f. Hal-hal yang disarankan.
g. Lampiran, seperti notulen dan daftar hadir peserta diskusi.
4. Unsur intrinsik novel di antaranya tema, alur, penokohan, latar, dan amanat.
5. Watak tokoh aku adalah ramah, mengalah.
C. Uraian
1. Masalah dalam petikan pidato tersebut adalah tentang pentingnya pendidikan. Sebaiknya,
pidato tersebut ditujukan kepada insane pendidikan, orangtua, guru, dan generasi muda yang
sedang mengenyam dunia pendidikan.
2. Kelebihan berpidato dengan teks adalah dapat terencana dengan baik dan lengkap, sistematis,
serta tidak ada hal yang terlupakan.
3. Dinda sekurang-kurangnya harus melaporkan tujuan diadakannya diskusi tersebut,
permasalahan yang didiskusikan, pokok pikiran dalam diskusi, saran keputusan dalam diskusi,
waktu pelaksanaan, dan pihak yang hadir dalam diskusi tersebut.
4. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Karakter tokoh Kami adalah manusiawi, gembira dan
bersedih yang bercampur. Di awal disebutkan gembira karena tokoh Bapak berhasil diamankan.
Akan tetapi, selanjutnya watak tokoh Kami merasa kehilangan sosok Bapak yang begitu besar
pengaruhnya terhadap seluruh keluarga.”
5. Maksud pantun tersebut adalah kita harus selalu bersyukur terhadap apa yang kita alami, baik
susah maupun senang.
Uji Pemahaman 4
A. Pilihan Ganda
1. A
2. D
3. C
4. E
5. C
6. C
7. A
8. B
9. C
10. B
11. A
12. D
13. A
14. B
15. A
16. E
17. A
18. B
19. C
20. D
21. D
22. D
23. C
24. A
25. D
26. E
27. A
28. E
29. A
30. A
B. Melengkapi
1. Ciri utama surat dinas yaitu mengatasnamakan lembaga dan bersifat resmi, baik dalam hal
bahasa ataupun struktur penyajiannya.
2. Kesalahannya terletak pada kata ganti ‘nya’. Seharunya, Atas perhatian Bapak/Ibu, saya
haturkan terima kasih.
3. Maksud puisi tersebut adalah sebagai berikut.
4. Kata yang bermakna konotasi di antaranya layang-layang, langit biru, pijar nasib, membumbung
5. Sudut pandang orang pertama.
C. Uraian
1. Cuplikan resensi tersebut adalah tentang kelebihan buku.
2. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Berkaitan dengan hal tersebut, dengan ini kami
mengharapkan mempersiapkan berbagai hal demi terselenggaranya kegiatan tersebut.”
3. Perubahan intonasi terlihat dari kata ping dan pong. Pada bait ketiga dan keempat, intonasinya
meningkat lebih cepat.
4. Syair tersebut berjumlah 4 baris. Terdiri atas 4-5 kata dalam setiap barisnya. Suku katanya terdiri
atas 8-12 suku kata dalam tiap barisnya. Rima akhir /aaaa/
5. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya,
Saat ini, aku berencana untuk pergi ke pantai. Aku sangat senang apabila hari itu tiba. Begitu
sampai di sana, aku sudah disambut oleh semilir angin yang tak heti-hentinya bertiup. Ombak
yang berkejar-kejaran juga seolah tak mau kalah untuk menyambut kedatanganku. Aku
menghabiskan waktu sepanjang hari di sana. Aku akan pulang dengan hati senang. Itulah hal
yang tergambar dalam pikiranku ketika liburan nanti.
Akan kutunjukkan bahwa diriku bisa memegang ombak yang datang bergulung. Berselancar
menaklukkan ketebalan dinding ombak. Merasakan hangatnya sambutan lautan. Ah, begitu
indahnya lautan yang akan kukunjungi.
Ujian Akhir Semester 1
1. B
2. E
3. B
4. D
5. B
6. D
7. D
8. A
9. B
10. C
11. E
12. B
13. A
14. A
15. B
16. A
17. C
18. A
19. B
20. C
21. E
22. A
23. C
24. B
25. E
26. A
27. C
28. C
29. C
30. A
Uji Pemahaman 5
A. Pilihan Ganda
1. E
2. C
3. E
4. C
5. A
6. E
7. C
8. B
9. D
10. D
11. D
12. C
13. D
14. A
15. A
16. C
17. D
18. D
19. A
20. C
21. D
22. A
23. D
24. A
25. A
26. E
27. B
28. A
29. E
30. B
B. Melengkapi
1. Keuntungan pidato tanpa teks adalah sebagai berikut.
a. Komunikasi pembicara dengan pendengar lebih baik.
b. Pesan yang disampaikan berisfat fleksibel dengan memerhatikan keadaan pendengar dan
kondisi yang ada.
2. Aspek yang harus diperhatikan dalam pidato adalah penampilan, isi pidato, vocal, mimic wajah,
nada, dan sikap tubuh pembicara.
3. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.
4. Perbedaannya terletak pada tempat gagasan pokoknya berada. Jika paragraf deduktif, idea tau
gagasan pokoknya di awal paragraf; sebaliknya, gagasan pokok paragraf induktif berada di akhir
paragraf.
5. Sesuai dengan kreativitas siswa.
C. Uraian
1. Kelebihan pidato ekstemporan adalah sebagai berikut.
a. Komunikasi pembicara dengan pendengar lebih baik.
b. Pesan yang disampaikan berisfat fleksibel dengan memerhatikan keadaan pendengar dan
kondisi yang ada.
2. Cara mengatasinya adalah dengan rajin berlatih pidato sebelum pelaksanaan pidati berlangsung.
3. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf, “jenis depresi, yaitu depresi ringan dan parah”.
4. Sesuai dengan kreativitas siswa, misalnya “Bagi Anda yang sedang hamil, sindrom prahaid, atau
sehabis persalinan, sebaiknya banyak berkomunikasi dengan orang lain, peduli dengan
lingkungan sekitar agar tidak muncul depresi berat yang membahayakan.”
5. Sesuai dengan kreativitas siswa.
Uji Pemahaman 6
A. Pilihan Ganda
1. C
2. C
3. E
4. A
5. C
6. E
7. C
8. A
9. A
10. E
11. A
12. D
13. C
14. A
15. C
16. A
17. B
18. C
19. A
20. D
21. E
22. B
23. A
24. B
25. C
26. C
27. C
28. A
29. B
30. A
B. Melengkapi
1. Informasi yang baik haruslah memiliki kejelasan data dan fakta, keruntunan dalam
penyampaiannya, dan disampaikan dengan bahasa yang baik.
2. Program kerja biasanya meliputi aspek berikut:
a. Jenis kegiatan,
b. Tujuan kegiatan atau sasaran yang ingin dicapai,
c. Waktu dan tempat pelaksanaan,
d. Struktur pelaksana (kepanitiaan), dan
e. Pembiayaan.
3. Esai adalah karangan singkat yang berisikan pandangan atau pendapat pribadi penulis tentang
berbagai persoalan actual.
4. Langkah menulis esai adalah sebagai berikut.
a. Menentukan topic atau masalah yang akan dibahas.
b. Menentukan tujuan pembahasan.
c. Mendaftar gagasan-gagasan yang akan diungkapkan.
d. Menyusun kerangka esai yang akan ditulis, meliputi pembukaan, isi, dan penutup.
e. Mengembangkan kerangka esai secara utuh dan lengkap.
f. Memperbaiki tulisan dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, dan EYD.
5. Sesuai dengan kreativitas siswa. Contoh:
PK : SMAN 1 Medan mengadakan lomba baca puisi pada kegiatan Bulan Bahasa.
PK : SMAN 3 Medan mengadakan lomba baca puisi pada kegiatan Bulan Bahasa.
PK : SMA Bakti Utama Medan mengadakan lomba baca puisi pada kegiatan Bulan Bahasa.
Kesimpulan : Hampir setiap SMA di Medan mengadakan lomba baca puisi pada kegiatan
Bulan Bahasa.
C. Uraian
1. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Ada baiknya, LSM di Kota Semarang mengkaji ulang
pencabutan laporan tentang berbagai kasus korupsi, beasiswa fiktif, dan pengadaan buku paket
kalau data itu sudah benar. Jika hal itu jadi dicabut, masyarakat akan lebih tidak percaya
terhadap LSM yang ada di Kota Semarang.”
2. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, “Informasi yang stasiun televisi Anda itu sangat baik.
Akan tetapi, akan lebih baik, kalau penayangan berita tersebut tidak dilakukan terus menerus.
Karena akan berakibat buruk pada tingkah laku masyarakat penontonnya. Sebaiknya, televisi
memberitakan hal-hal yang dapat menyenangkan dan membanggakan masyarakat.”
3. Sesuai dengan kreativitas siswa. Misalnya, membuat pekerjaan lebih efektif, sebagai tolok ukur
kemajuan, membuat semua pekerjaan menjadi terjadwal dan mudah dikerjakan, dan membuat
rencana jadi terukur dan terorganisasi dengan baik.
4. Kota Jakarta lebih besar daripada Kota Medan dan Kota Menado.
5. Sesuai dengan kreativitas siswa.
Ujian Tengah Semester 2
1. C
2. E
3. B
4. E
5. D
6. A
7. A
8. E
9. C
10. A
11. D
12. A
13. D
14. E
15. A
16. E
17. A
18. E
19. E
20. B
21. C
22. D
23. A
24. C
25. D
26. C
27. A
28. A
29. D
30. E
31. C
32. C
33. E
34. D
35. D
36. C
37. A
38. A
39. C
40. D
41. C
42. A
43. A
44. E
45. E
46. A
47. A
48. A
49. A
50. E
Uji Pemahaman 7
A. Pilihan Ganda
1. C
2. E
3. C
4. C
5. C
6. D
7. D
8. B
9. A
10. E
11. B
12. D
13. A
14. E
15. E
16. C
17. B
18. B
19. E
20. C
21. C
22. C
23. B
24. A
25. B
26. A
27. A
28. C
29. E
30. D
B. Melengkapi
1. Klimaks (turning point), misalnya perubahan penting mengenai nasib tokoh.
2. Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perkembangan selama cerita itu berlangsung.
Misalnya, tokoh Macbeth yang di awal cerita sangat setia, cepat berkembang dan berubah
menjadi tidak setia, menjadi orang yang berkhianat pada akhir cerita.
3. Terdiri atas dua baris, rima akhirnya /aa/, baris pertama merupakan syarat dan kedua berisi
akibat, berisi ajaran, budi pekerti, atau nasihat keagamaan.
4. Harta yang tidak dizakati tidak ada keberkahan dalam harta tersebut.
5. Tema sosial budaya
C. Uraian
1. Ada, di antaranya terdapat dalam unsur intrinsiknya. Unsur intrinsik sebuah puisi terdiri atas
tema, amanat, sikap atau nada, perasaan, tipografi, enjambemen, akulirik, rima, citraan, dan
gaya bahasa. Unsur intrinsik drama terdiri dari tema, plot, tokoh, dialog, karakter, serta latar.
Drama yang merupakan ciptaan kreatif pengarang harus memiliki tema yang kuat, agar tercipta
sebuah cerita yang tak lekang oleh waktu. Tanpa adanya konflik, cerita drama akan terasa datar.
Konflik terdapat di dalam plot, yang terjadi karena adanya ketegangan antartokoh. Tokoh drama
terbagi menurut peran dan fungsinya dalam lakon. Menurut perannya tokoh terdiri dari tokoh
utama, tokoh bawahan, serta tokoh tambahan. Di dalam drama fungsi tokoh sangat penting,
yaitu sebagai tokoh protagonis, tokoh antagonis, dan tokoh tritagonis. Cakapan merupakan ciri
utama drama yang mungkin berupa dialog namun dapat pula berbentuk monolog. Selain itu,
ada pula karakter dan latar yang saling berhubungan erat. Latar dalam drama sangat
memengaruhi karakter tokoh.
2. Terdiri atas dua baris, rima akhirnya /aa/, baris pertama merupakan syarat dan kedua berisi
akibat, berisi ajaran, budi pekerti, atau nasihat keagamaan.
3. Persamaan gurindam dengan pantun hanyalah pada isi dan tema yang terkandung di dalamnya
yaitu sama-sama mengandung nasihat, bersifat mendidik, serta banyak berisi masalah agama.
Perbedaannya terletak pada persajakan dan jumlah baris, gurindam berbeda dengan pantun.
Gurindam terdiri atas dua baris tiap baitnya, bersajak a-a. Sementara itu, pantun bersajak ab-ab.
4. Pementasan drama yang berjudul Perempuan-perempuan Nagari.
5. Puisi kontemporer terbebas dengan aturan baku yang melekat pada puisi pada umumnya.
Pelanggaran terhadap aturan baku itulah yang dianggap penyimpangan pada wujud puisi itu,
seperti perbaitan dan bahasa yang digunakannya.
Uji Pemahaman 8
A. Pilihan Ganda
1. B
2. C
3. A
4. E
5. C
6. A
7. E
8. C
9. A
10. B
11. C
12. D
13. D
14. D
15. A
16. D
17. D
18. A
19. B
20. E
21. A
22. C
23. C
24. A
25. B
26. B
27. A
28. D
29. A
30. C
B. Melengkapi
1. Merefleksikan keadaan sosial politik pada masa reformasi.
2. Karena dalam gurindam terdapat pesan-pesan didaktis (ajaran moral, pendidikan, keagamaan)
yang masih sesuai dengan kehidupan zaman sekarang.
3. Syarat gurindam adalah terdiri atas dua baris, rima akhirnya /aa/, baris pertama merupakan
syarat dan kedua berisi akibat, berisi ajaran, budi pekerti, atau nasihat keagamaan.
4. Ulasan mengenai karya sastra yang dipadukan dengan teori dan pembahasan yang jelas.
5. Membaca, mendengar, dan mengikuti drama tersebut secara keseluruhan.
C. Uraian
1. Ciri angkatan sastra 2000 adalah kecenderungan karyanya bersifat berani dan vulgar, seperti
halnya karay Ayu Utami ‘Saman’. Selain itu, banyak juga bermunculan fiksi Islami untuk
membendung maraknya karya vulgar dan novel teenlit yang mengadopsi moral pergaulan yang
serba bebas ala remaja Amerika.
2. Ciri-ciri puisi Chairil Anwar yang termasuk angkatan ’45 adalah bebas, individualistis,
universalitas, dan realistik.
3. Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut
pandang pribadi penulisnya.
Kritik (sastra) adalah pertimbangan baik atau buruk suatu karya sastra disertai dengan alasan
mengenai isi dan bentuk karya sastra tersebut.
4. Pesan dalam gurindam tersebut adalah baik-buruknya seseorang itu terlihat dari tingkah laku
dan tutur katanya termasuk ketika bergaul dengan orang lain.
5. Tokoh dalam drama tersebut mengungkapkan bahwa kita harus menuruti nasihat orang tua.
Ujian Akhir Sekolah
1. C
2. A
3. E
4. C
5. B
6. D
7. C
8. D
9. E
10. A
11. D
12. C
13. A
14. C
15. B
16. C
17. C
18. A
19. C
20. C
21. E
22. D
23. A
24. B
25. C
26. D
27. B
28. B
29. C
30. D
31. C
32. A
33. E
34. D
35. D
36. C
37. B
38. D
39. E
40. B
41. D
42. B
43. D
44. D
45. B
46. C
47. D
48. A
49. B
50. E
Latihan Ujian Nasional
1. A
2. A
3. E
4. B
5. B
6. C
7. C
8. B
9. C
10. B
11. C
12. A
13. C
14. D
15. B
16. B
17. E
18. E
19. E
20. B
21. A
22. E
23. C
24. E
25. B
26. A
27. D
28. A
29. C
30. A
31. A
32. D
33. E
34. B
35. D
36. B
37. B
38. B
39. E
40. D
41. A
42. C
43. C
44. D
45. E
46. B
47. B
48. E
49. B
50. E
Latihan SNMPTN
1. D
2. E
3. C
4. C
5. E
6. B
7. B
8. E
9. A
10. A
11. B
12. D
13. A
14. B
15. A
Instalasi Listrik Garansi (langsung ditempat) Sumatera Utara
Tukang Yang Handal dan berpengalaman 15 tahun Mengapa anda butuh Jasa Instalasi Listrik???? Pengalaman instalasi listrik yang saya miliki...
-
Soal Senimusik 1. Lagu dinyanyikan dari keras ke lembut merupakan pengertian dari tanda dinamik... a. Cressc...
-
Pengertian Radiasi Benda hitam Benda hitam adalah suatu benda yang permukaannya sedemikian sehingga menyerap semua radiasi yang datan...
-
JARINGAN TUMBUHAN Ketika kami membuat preparat sederhana dari lapisan epidermis bawang merah yang kemudian dilihat dibawah mikroskop...